Pentingnya Sholat bagi Umat Islam

  • Whatsapp

SRAGEN, Beritategas.com – Sholat adalah kewajiban umat islam yang harus dijalankan. Ustadz Lilik Sugiyarto selaku penasehat organisasi Kusumo Manunggal Roso makam Butuh menjelaskan tentang gambaran seorang Muslim kenapa harus menjalankan ibadah Sholat, Kamis (06/06/24).

Ustadz Lilik Sugiyarto menjelaskan bahwa Sholat adalah wahyu yang diturunkan kepada Rasulullah SAW ketika beliau melakukan peristiwa Isra’ Mi’raj.

“Sholat adalah perintah langsung yang diberikan oleh Allah SWT kepada Rasulullah SAW pada peristiwa Isra’ Mi’raj. Sholat sendiri dilaksanakan pada lima (5) waktu dalam sehari. Isa’, Subuh, Dhuhur, Ashar dan Magrib”, jelasnya.

Ditambahkan bahwa Sholat adalah salah satu (1) rukun islam. Dimana rukun Islam adalah Syahadat, Sholat, Puasa, Zakat dan Naik Haji.

“Sholat adalah merupakan salah satu dari rukun Islam. Rukun Islam yang meliputi mengucap Syahadat, Menjalankan Sholat, Berpuasa di Bulan Ramadhan, Zakat Fitrah dan Berhaji bagi yang mampu”, tambahnya.

Diumpamakan Sholat seperti sebuah genggaman lima (5) jari tangan pada sebuah benda. Bilamana Sholat tidak dijalankan, seperti orang munafik. Yang dimana telah melakukan ikrar Syahadat, namun tidak mengerjakan Sholat.

“Sholat ibarat genggaman 5 jari tangan pada suatu benda, ibarat ibu jari sebagai Syahadat, jari telunjuk sebagai Sholat, jari tengah sebagai puasa, jari manis sebagai Zakat dan jari kelingking sebagai Haji. Ibarat lima (5) jari ini memegang benda, maka benda tersebut akan terjaga. Bilamana jari kelingking melonggarkan genggamannya (tidak sanggup berhaji karena tidak mampu dari segi harta dan fisik), benda pun tidak akan jatuh. Bilamana jari manis dilonggarkan (tidak sanggup mengerjakan Zakat karena dalam kondisi tidak mampu karena harta), benda pun tidak akan jatuh. Selanjutnya melonggarkan jari tengah (tidak sanggup Puasa karena sakit atau sedang berpergian), barang pun masih terjaga dan tidak jatuh walau hanya digenggam dengan ibu jari dan jari telunjuk. Namun ketika kita melonggarkan jari telunjuk yang kita ibaratkan Sholat, maka benda itu pun akan jatuh. Sehingga pentingnya bagi Umat Islam untuk menjalankan ibadah Sholat. Menjaga Sholat itu penting, karena Sholat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar”, pungkasnya.

Pewarta : Widiyo P
Editor : Firman

Ikuti Kami di :banner 300x250banner 300x250banner 300x250
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.