Pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIII Tahun 2022

  • Whatsapp
Pembukaan
Pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara

CIREBON, Beritategas.com – Pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIII Tahun 2022 yang Dibuka Oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia, di Ballroom Aston Hotel Cirebon. Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah dan Penjabat Ketua TP. PKK OKU Hj. Zwesti Karenia Teddy hadir. Rabu (19/10/2022).

Perhelatan gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Nasional ke-XXIII dipusatkan di Cirebon Jawa Barat, berlangsung pada tanggal 19-21 Oktober 2022.

Bacaan Lainnya

Gelar Teknologi Tepat Guna adalah acara tahunan yang bertujuan memasyarakatkan inovasi hasil Teknologi Tepat Guna, sekaligus ajang promosi dan pertukaran informasi terkait pengembangan serta pemanfaatan Teknologi Tepat Guna untuk kemajuan ekonomi masyarakat khususnya di pedesaan.

Menteri Desa PDTT, A Halim Iskandar., Mengatakan bahwa dalam pelaksanaan program gelar Teknologi Tepat Guna, pemanfaatan Dana Desa untuk Teknologi Tepat Guna ini diberikan ruang seluas-luasnya untuk dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, hingga Desa, mengingat manfaatnya yang sangat besar bagi kesejahteraan masyarakat.

“Terkait program-program gelar Teknologi Tepat Guna, pemanfaatan Dana Desa untuk Teknologi Tepat Guna bagi sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat mendapatkan ruang yang sangat luas untuk dilakukan Pemerintah p
Pusat, Daerah, sampai Desa,” ujarnya.

Dengan dukungan tersebut, sejak tahun 2015 hingga 2022 jumlah peralatan Teknologi Tepat Guna di Desa untuk bidang pertanian telah memanfaatkan lebih dari 909 ribu alat, bidang peternakan lebih dari 653 ribu alat, sedangkan bidang perikanan lebih dari 450 ribu alat.

Hal itu terbukti berdampak pada peningkatan produktivitas di sektor pertanian, perikanan, dan peternakan berdasarkan laporan dari Desa-Desa.

“Dampaknya Desa-Desa melaporkan penggunaan alat Teknologi Tepat Guna telah berhasil meningkatkan produktivitas sektor pertanian, perikanan, dan peternakan,” ungkapnya.

Sementara Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul., menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Pemerintah Daerah karena dapat menjadi ajang untuk saling bertukar informasi dan teknologi yang ditemukan antara satu Desa dengan yang lain serta satu Provinsi dan Kabupaten/Kota dengan yang lainnya. Hal itu dapat menjadi motivasi dalam memberikan mengubah masyarakat ke arah lebih baik lagi.

“Kegiatan ini sebagai ajang bertukar informasi, teknologi yang ditemukan antara Desa satu dengan yang lain, Provinsi dan Kabupaten/Kota satu dengan yang lain. Ini jadi motivasi untuk mengubah masyarakat ke arah lebih baik lagi,” jelasnya.

Di sela acara Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah., mengatakan bahwa Pemkab OKU memberikan apresiasi rangkaian acara gelar Teknologi Tepat Guna ini yang menampilkan berbagai macam inovasi Desa dari berbagai daerah, gelar TTG selain menjadi ajang pamer inovasi juga menjadi ruang untuk temu bisnis, pameran UMKM, Lokakarya dan Rakernis.

Teddy Meilwansyah mendukung Desa-Desa yang ada di Kabupaten untuk berinovasi dan membuat program unggulan di bidang Teknologi Tepat Guna untuk dikembangkan di masyarakat.

“Kita berikan apresiasi pada Desa-Desa yang telah mengembangkan inovasinya dalam pemanfaatan Teknologi Tepat Guna. Kita akan usulkan kedepannya setiap Desa ada satu inovasi di bidang Teknologi Tepat Guna dan akan dibantu untuk hak patenkan temuannya agar jika dikembangkan skala luas bisa menjadi penghasilan bagi Desa,” ujar Teddy Meilwansyah.

Teddy Meilwansyah menambahkan, Pemerintah Daerah akan menjadi jembatan bagi pelaku inovasi untuk mempertemukan dan mengembangkan inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Desa dalam skala luas, sehingga inovasi tersebut dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat luas.

Turut hadir, Pejabat Kementerian Desa Dan PDTT, Para Gubernur, Para Bupati/Walikota Se-Indonesia, Kadin PMD Provinsi dan Kadin PMD Kabupaten/Kota se-Indonesia, Pimpinan BUMN, Pendamping Desa serta Undangan Lainnya.

Pewarta : Rudi Hartono
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.