Open House KUP Kadang Maju, Strategi Pemasaran Ekspor Bersama Kedaireka dan LPPM Unika Sugiyo Pranoto

  • Whatsapp

KENDAL, Beritategas.com – Kedaireka dan LPPM Universitas Katolik Sugiyo Pranoto Semarang, memfasilitasi acara “Open House” di KUP Kadang Maju, Dusun Manggung, Desa Peron, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan strategi pemasaran ekspor dan implementasi Cara Pengolahan Produk yang Baik (CPPB) guna meningkatkan kualitas dan pemasaran olahan aren, Sabtu (2/12/2023)

Dalam acara tersebut, hadir tamu undangan dari civitas academika dan LPPM Unika Sugiyo Pranoto, termasuk Camat Limbangan yang diwakili oleh Kasi Pemberdayaan Masyarakat, serta Kepala Desa Peron yang diwakili oleh Sekdes Peron. Turut hadir anggota KUP Kadang Maju, dan diundang sebagai narasumber dua perwakilan pengusaha binaan Kedaireka, yaitu Norma Afantin dari Isna Herbal Instan dan Hening Budiyawati dari Lembaga Gerakan Pemberdayaan.

Pada sesi testimoni kesuksesan, Norma Afantin menekankan pentingnya produksi produk secara kontinyu dengan kualitas baik sebelum melakukan ekspor. Beliau juga menyarankan agar UMKM membangun pangsa pasar lokal terlebih dahulu untuk meningkatkan kepercayaan konsumen di sekitar.

Hening Budiyawati, sebagai pembicara kedua, memberikan motivasi kepada pelaku UMKM untuk mempertahankan etos kerja yang sistematis dan terukur. Dalam sambutannya, Hening mengusulkan agar UMKM memanfaatkan jaringan diaspora dan sahabat Indonesia yang sudah terbentuk untuk mendukung pemasaran produk keluar negeri.

Dr. Kristina Ananingsih dari Kedaireka menjelaskan bahwa bersama LPPM Unika Sugiyo Pranoto, mereka membantu KUP Kadang Maju dalam menerapkan CPPB dari gula aren, memastikan produk sesuai standar CPPB BPOM untuk dapat dipasarkan secara layak, termasuk ke pasar ekspor.

Sambung perwakilan Kedaireka, Dr. Rika Pratiwi, memberikan informasi bahwa UMKM yang ingin mengakses program Kedaireka dapat mengunjungi laman resmi mereka di kedaireka.id. Semua informasi dan panduan lengkap terdapat di sana untuk membantu UMKM bergerak maju dan menjalin kerjasama dengan Kedaireka.

Sawinah, sebagai Ketua dan Sesepuh KUP Kadang Maju, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, termasuk Kedaireka, LPPM Unika Sugiyo Pranoto, pemerintah kecamatan Limbangan, pemdes Peron, dan semua undangan yang turut hadir. Ia berharap, dengan dukungan ini, KUP Kadang Maju dapat sukses memasarkan produk hingga ke pasar internasional.

Pewarta : Pujiono
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.