Nikmatnya Kuliner Belalang Goreng Olahan Warga Boyolali

  • Whatsapp
Belalang
Kuliner Belalang Goreng Olahan Warga Boyolali

BOYOLALI, Beritategas.com – Belalang yang kita kenal bersama adalah hama bagi petani, di kabupaten Boyolali di sulap menjadi olahan kuliner. Hama yang bentuknya mirip seperti udang goreng setelah diolah ini, banyak ditemukan di kios-kios, warung-warung makan di daerah kecamatan Nogosari dan kecamatan Simo, Senin (29/05/23).

Sri Rezeki, salah satu penjual Belalang goreng menjelaskan bahwa Belalang goreng juga banyak ditemukan di pusat toko oleh-oleh di Simo dan Nogosari bahkan sampai di kota Boyolali. Awalnya Sri agak ragu ditawari kuliner belalang goreng, rasa penasaran Sri mencoba mencicipinya dan rasanya enak seperti udang goreng.

“Rasanya seperti Udang goreng, ada yang rasa gurih bisa untuk lauk bila dimakan dengan sambal bawang atau sambal terasi dengan nasi putih yang hangat sungguh nikmat bisa menghabiskan nasi sebakul”, jelas Sri.

Konon katanya, belalang bisa menaikkan tekanan darah. Namun bagi yang alergi, akan menimbulkan gatal-gatal pada kulit setelah mengkonsumsinya.

“Olahan belalang goreng khas Boyolali ini sangat renyah, karena dipadukan dengan bumbu rempah khas Jawa. Belalang goreng juga mengandung herbal penambah darah katanya, tapi kalau yang alergi, lebih baik jangan makan banyak-banyak bisa menimbulkan gatal-gatal. Belalang goreng juga bagus bagi yang mempunyai penyakit darah rendah karena belalang goreng bisa menaikan tensi”, pungkas Sri.

Pewarta : Dwi Nurbiyanto dan Suprapto
Editor : Widiyo Prakoso

Ikuti Kami di :
banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.