Miris! Ribuan Anak di Lampura Tidak Sekolah, Ini Faktor Penyebabnya

  • Whatsapp

LAMPUNG UTARA, Beritategas.com – Pada tahun 2022 lalu, ribuan anak di Lampung Utara (Lampura) tidak mengenyam bangku pendidikan atau tidak sekolah.

Dari data yang dihimpun Beritategas.com di Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lampura, tercatat 2.625 anak tidak sekolah tersebut berasal dari 124 Desa yang tersebar di 23 Kecamatan.

Sedangkan di tahun 2023, anak tidak sekolah mengalami peningkatan mencapai 5.599 anak tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan dari SD ke SMP dan dari SMP hingga SMA.

Kepala Disdik Lampura Sukatno mengatakan, faktor anak tidak sekolah ini dilatarbelakangi oleh faktor ekonomi, dan keluarga.

“Penyebab utamanya itu faktor ekonomi, kemudian permasalahan status sosial dan kurangnya kesadaran dari orang tua, serta anak yang berkebutuhan khusus,” kata Sukatno, Rabu (17/1/2024).

Sukatno menjelaskan, jumlah anak yang tidak sekolah pada jenjangnya masing masing, yaitu kelompok usia 5-6 tahun (PAUD), usia 7-12 tahun (SD), usia 13-15 tahun (SMP), usia 16-18 tahun (SMA/SMK).

Untuk tahun 2022 usia 7-12 tahun terbanyak berada di Desa Candimas, Kecamatan Abung Selatan, Desa Lubuk Rukam Kecamatan Hulu Sungkai dengan masing masing 50 anak tidak sekolah.

Sedangkan usia 13-15 tahun di Desa Semuli Raya, Kecamatan Abung Semuli sebanyak 127 anak, dan usia 16-18 terdapat di Desa Negara Ratu, Kecamatan Sungkai Utara dengan 131 anak.

Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Disdik Lampura Yeni Sulistina menambahkan, akhir tahun 2023 pihaknya telah mendapatkan rekomendasi rancangan kegiatan statistik dengan judul Survei Anak Tidak Bersekolah menurut Jenjang Usia Sekolah, yang dikeluarkan oleh Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Lampura.

“Dengan dikeluarkannya rekomendasi tersebut, sesuai arahan Kadis dan hasil rapat dengan FPKBM kemarin, kami akan mulai melakukan komunikasi lanjutan dengan Camat, Kepala Desa, K3S SD, MKKS SMP untuk mengumpulkan data tersebut,” jelas Yeni.

Yeni mengharapkan dukungan dan kerjasama semua pihak terkait, untuk membantu upaya penanganan anak tidak sekolah.

“Agar kualitas pembangunan manusia di Kabupaten Lampura dapat meningkat,” imbuhnya.

Pewarta : Darfin
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.