Media Sosial Dapat Membuka Potensi Kreativitas Anak Muda, Jambi Juara Harapan

  • Whatsapp
Juara

JAMBI, Beritategas.com – Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) BKKBN, Eni Gustina mengatakan media sosial (medsos) sudah menjadi pola hidup sehari-hari, kehadiran media sosial dapat membuka potensi kreativitas anak muda. Tidak hanya sebatas digunakan sebagai hiburan, melainkan juga menjadi media edukatif, informatif, serta inspiratif jika dimanfaatkan dengan baik.

Hal itu dikatakan Eni Gustina, pada kegiatan Puncak Penghargaan Lomba Jingle Dance Ajang Kespro Kawula Muda (AKUKAMU) 2023 dan ASIK KBPP (Keluarga Berencana Pasca Persalinan) 2023, yang berlangsung di Kota Bogor, Jawa Barat Selasa (20/6/2023). Kegiatan tersebut selain dilaksanakan secara off line juga LIVE on YouTube BKKBN Official, dan media zoom.

Bacaan Lainnya

Lomba hasil kerja sama BKKBN dengan PT Astra International dan PT United Tractors ini mengajak anak muda Indonesia untuk menyebarluaskan informasi mengenai pentingnya ‘Kesehatan Reproduksi Remaja dalam Pencegahan Stunting’. Lebih khusus pada kasus-kasus perkawinan anak, Kehamilan yang Tidak Diinginkan (KTD), Infeksi Menular Seksual (IMS), HIV/AIDS, NAPZA, Mental Health, orientasi seksual, dan kekerasan seksual yang masih sering terjadi di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Bina Kesehatan Reproduksi BKKBN, Safrina Salim mengatakan partisipasi remaja akan semakin mempermudah sosialisasi kesehatan reproduksi sejak dini. Partisipasi remaja bisa dalam bentuk ikut menyosialisasikan program Generasi Berencana (GenRe), atau sosialisasi tentang jangan kawin di usia muda, atur atau perencanaan dalam membangun sebuah keluarga.

Sebanyak 29 provinsi berpartisipasi dalam ajang AKUKAMU 2023. Lima provinsi tidak mengambil bagian seperti Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Maluku Utara dan Sulawesi Barat.

Total sebanyak 53 video peserta Jingle Dance Challenge AKUKAMU 2023. Setelah dinilai, sebanyak 12 finalis dan selanjutnya terpilih tiga juara terbaik dan juara favorit.

Kemudian terhadap kegiatan Asik KBPP, tujuan umum untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pencapaian pelayanan KB, khususnya KB Pasca Persalinan di Provinsi Jambi. Tujuan khusus mengoptimalkan pencatatan pelaporan KB Pasca Persalinan pada aplikasi SIGA, meningkatkan peran tenaga lini lapangan dalam melakukan penggerakan dan pendampingan Ibu hamil dan Pasca Persalinan, selanjutnya diharapkan meningkatkan partisipasi mitra dalam mendukung pelayanan KB Pasca Persalinan.

Provinsi Jambi dalam kegiatan ASIK KBPP, hanya meraih juara harapan, juara 1 Provinsi Sulawesi Tengah, juara 2 Provinsi Jawa Barat, juara 3 Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedang lomba Jingle Dance Challenge AKUKAMU Jambi berhasil masuk nominasi. Penghargaan diterima langsung oleh Ketua Kelompok Kegiatan 13, Eva Regina Gurning. Ditambahkan advokasi kesehatan reproduksi remaja dalam pencegahan stunting penting untuk dilakukan

Pewarta : A. Erolflin
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.