Manfaat Daun Sirih, TIPS Sehat Ala Bu Ernita

  • Whatsapp

JAMBI – Siapa tidak mengetahui daun sirih, hampir semua lapisan masyarakat mengenal dan mengetahui daun sirih. Namun, hanya segelintir orang yang mengetahui khasiatnya.

Ibu Ernita(45), seorang ibu yang menjajakan daun sirih di kawasan Pasar Baru, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi.

Usaha menjajakan daun sirih di pasar baru, kota jambi telah dilakukannya sejak tahun 1994 lalu. Meski mulanya Ibu Ernita dalam upaya merintis usaha tersebut mengalami kesulitan pembeli.

“Namun kini, dirinya telah mempelajari manfaat dan khasiat akan daun sirih,” tuturnya pada beritategas.com pada Selasa,(28/07/2020).

Ibu Ernita memberikan sedikit penjelasan tentang apa saja manfaat daun sirih.

“selama ini, daun sirih jarang sekali dimanfaatkan sedangkan khasiatnya luar biasa,” bebernya.

Ditambahkannya, siapa sangka ternyata manfaat dari air rebusan daun sirih menyimpan banyak sekali khasiat bagi kesehatan tubuh.

“Mulai dari mengobati penyakit jantung hingga menurunkan berat badan,” ungkapnya.

Berikut dijelaskan Ernita, bahwa ada 7 manfaat yang dapat diambil dari mengkonsumsi rebusan air daun sirih.

1. Mengobati penyakit jantung

Jantung adalah organ yang penting untuk menjaga keseimbangan sistem dalam tubuh. Kalau organ jantung enggak terjaga kesehatannya, maka kita akan mengalami banyak masalah kesehatan.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung yakni secara rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirih setiap hari.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Minum air rebusan daun sirih juga dipercaya dapat mengatasi rasa nggak nyaman pada perut. Dengan minum air rebusan daun sirih akan membantu perut menyerap mineral dan berbagai nutrisi dari makanan. Selain itu, mengoleskan minyak daun sirih pada perut membuat perut terasa lebih nyaman.

3. Meredakan batuk

Air rebusan daun sirih mampu mengatasi batuk karena kandungan vitamin B dan C serta alkaloid untuk mengatasi peradangan penyebab batuk.

Caranya, siapkan 5 lembar daun sirih, rebus dengan 300 ml air selama 15-20 menit. Minumlah air rebusan daun sirih tersebut satu kali sehari hingga batuk reda.

4. Mengobati penyakit asma

Penyakit asma adalah gangguan pernafasan yang muncul berupa sesak serta sulit bernafas. Kita dapat mengobati asma dengan meminum air rebusan daun sirih setiap hari secara rutin.

5. Menurunkan depresi

Daun sirih juga berguna untuk mengendalikan gejala depresi. Saat kita meminum air rebusan daun sirih, hal ini akan merangsang otak untuk memproduksi banyak hormon serotonin yang membuat kita jadi lebih bahagia.

6. Mengobati asam urat

Dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih dan kapur sirih secara rutin dapat mengobati asam urat.

7. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat daun sirih lainnya yakni membantu dalam proses penurunan berat badan. Enggak cuma itu, air rebusan daun sirih juga akan membuat sekresi pencernaan ikut meningkat sekaligus menghilangkan kadar air berlebihan atau racun pada tubuh.

Demikian hasil perbincangan beritategas.com kepada Ibu Ernita terkait tips sehat dengan konsumsi air rebusan daun sirih.

Di lain kesempatan, beritategas.com akan mengupas tema lain tentang tips kesehatan lainnya.

Reporter : Harvery
Editor : Firman

Pos terkait

banner 300600banner 300600

Tinggalkan Balasan