KASAD: Junjung Tinggi Toleransi Antar Umat Beragama

  • Whatsapp
Tolerani
Jenderal TNI Dudung Abdurachman bersama Bhiksu Aryamaitri Mahasthavira

JAKARTA, Beritategas.com – Sejak zaman dahulu nenek moyang bangsa Indonesia sudah menjunjung tinggi toleransi dalam keberagaman budaya, agama dan adat istiadat.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., saat melaksanakan audiensi dengan Kepala Vihara Ekayana Arama Bhiksu Aryamaitri Mahasthavira dan Ketua Yayasan Triyanavardhana Indonesia Bhiksu Dharmavimala Mahasthavira, di Vihara Ekayana Arama, Jakarta Barat, Kamis (02/6).

Bacaan Lainnya

Kedatangan KASAD Jenderal Dudung disambut langsung oleh Bhiksu Aryamaitri Mahastavhira, Bhiksu Dharmavimala Mahastavhira dan Bhiksu – Bhiksuni Vihara Ekayana juga para Tokoh Agama Budha serta umat Budha di Vihara Ekayana Arama Jakarta.

Kasad menyampaikan, tujuan kunjungannya ke Vihara Ekayana Arama semata-mata untuk bersilaturahmi dan toleransi antar umat beragama sebagai wujud kebersamaan karena saya hadir sebagai KASAD juga dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Pada hakikatnya untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia yang hidup saling berdampingan antara agama satu dengan agama lainnya yang semua itu berasas ketuhanan yang maha esa.

“Saya disini sebagai KASAD ingin ada masukan dari Vihara Ekayana Arama untuk mengantisipasi ancaman perpecahan. Negara tercipta karena perbedaan, negara terbentuk karena kebersamaan, persatuan dan kesatuan harus kita junjung tinggi agar keharmonisan tetap terjaga. Gotong-royong dan kebersamaan merupakan budaya bangsa kita sehingga dari sini lahir Pancasila yang merupakan pemersatu seluruh elemen bangsa yang berbeda-beda keyakinan namun semua itu tetap meminta ridho Tuhan yang maha esa,” ujar Jenderal Dudung.

KASAD berharap, TNI AD dengan Vihara Ekayana Arama dapat bersinergi dalam menangkal berbagai bentuk ancaman yang dapat menimbulkan perpecahan antar anak bangsa agar keutuhan berbangsa dan bernegara tetap terjaga.

“Bangsa Indonesia selalu menunjukkan kekuatan Persatuan dan Kesatuan saat menghadapi ancaman eksternal, tetapi harus memiliki kekuatan mental untuk menghadapi ancaman internal, bangsa Indonesia tidak akan terpecah-pecah jika masih tetap memegang teguh nilai nilai Pancasila sebagai Ideologi negara maka perpecahan itu tidak akan terjadi,” tegasnya

Selaku tuan rumah, Bhiksu Aryamaitri Mahasthavira mengungkapkan rasa bahagia nya dan memberikan sambutan yang sangat positif terhadap kami sebagai umat Budha yang dilakukan oleh Kasad.

“Kami umat Budha bertekad untuk menjaga ideologi Pancasila dan keutuhan NKRI,” ujar Bhiksu Aryamaitri Mahasthavira.

Akhir kegiatan, Kasad dan Ketua Vihara Ekayana Arama saling menukar cinderamata sebagai wujud saling harga menghargai , kemudian dilanjutkan foto bersama di dalam Vihara Ekayana Arama.

Pewarta : Suparji
Sumber : Pendam II Sriwijaya
Editor : Firman

Ikuti Kami di :banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.