Kapolda Sumsel membuka Lapra OPS Sikat Musi 2024

  • Whatsapp

PALEMBANG, Beritategas.com – Kapolda Sumsel Irjen Pol A. Rachmad Wibowo SIk diwakili Karo Ops Polda Sumsel Kombes Pol Muhammad Anis Prasetio Santoso, SH, SIK, membuka Lapra OPS Sikat Musi 2024 Polda Sumsel di lounge lantai 7 Gedung Utama Presisi Mapolda Sumsel, Senin (13/05/20).

Dalam arahannya Karo OPS Polda Sumsel mengatakan pelatihan yang dilaksanakan kali ini bertujuan untuk menyegarkan kembali dan memberi keterampilan aktual kepada para anggota pelaksana operasi, sehingga mampu melaksanakan tugasnya terutama dalam penanggulangan kejahatan dengan sasaran 3C (Curat, Curas, Curanmor) di wilayah Provinsi Sumatera selatan, dewasa ini tidak saja terjadi di daerah perkotaan tetapi sampai ke tingkat desa termasuk desa yang jauh dari jangkauan petugas.

Kombes Pol Anis menambahkan
untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif sehingga tercapainya rasa aman kepada masyarakat serta untuk menekan tindak kejahatan dengan sasaran 3C (Curat, Curas, Curanmor) dan mendukung suksesnya pembangunan di provinsi sumatera selatan, sering dihadapkan beberapa kendala sebagai berikut.

“Pertama, lemahnya kesadaran hukum bagi sebagian masyarakat terutama di pedesaan serta kurangnya kredibilitas masyarakat terhadap kinerja aparat keamanan. Kedua, semakin sulitnya biaya hidup saat ini. Naiknya harga kebutuhan bahan pokok, sehingga bagi sebagian masyarakat melakukan langkah-langkah yang nekat untuk melakukan tindakan kejahatan curat, curas dan curanmor. Ketiga, wilayah Sumatera Selatan merupakan daerah potensial dalam melakukan kejahatan curat, curas dan curanmor. Keempat, masih ada para petugas yang langsung maupun tidak langsung membocorkan kegiatan operasi sikat 1 musi demi untuk mendapatkan uang”, ucapnya.

Menyikapi keadaan tersebut, dalam upaya untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif dan menciptakan rasa aman, masyarakat di wilayah hukum Polda Sumatera Selatan, maka dalam kesempatan ini Polda Sumatera Selatan akan menyelenggarakan operasi kepolisian khusus kewilayahan dengan sandi “Operasi Kepolisian Sikat Musi-2024”.

“Dengan dilaksanakannya operasi ini, diharapkan adanya kerjasama dan partisipasi yang baik antara pihak Kepolisian dengan instansi terkait maupun unsur kamtibmas, khususnya adanya peran aktif dari masyarakat terhadap kegiatan Kepolisian dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif”, tambahnya.

Kombes Pol Anis menekankan kepada peserta pelatihan pra Operasi Kepolisian Sikat Musi-2024 untuk ikuti pelatihan ini dengan serius dan penuh tanggung jawab, karena kesanggupan saudara dalam menyerap materi pelatihan ini akan bermanfaat dalam pelaksanaan tugas ke depan.

“Kemudian jangan segan-segan untuk bertanya apabila ada hal yang belum dimengerti dan manfaatkan sebaik-baiknya waktu yang singkat ini untuk menyerap materi pelatihan. Dan kepada para instruktur agar dapat memberikan masukan/ pembekalan yang berharga kepada para peserta sehingga pelaksanaan operasi dapat berjalan sesuai dengan tujuan”, tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Irwasda Polda Sumsel diwakili oleh AKM II Itwasda Kombes Pol. Gandung D Wardoyo, S.I.K, Kabag bin opsnal Roops AKBP. Erwin, S.E, Kabag Wassidik Ditreskrimum Polda Sumsel AKBP Arief Wibowo, S.H, Kabid Humas diwakilkan oleh Kaur Produk kreatif Kompol. Sri Utari, S.E, Kabag Ops Polres jajaran, peserta latpraops personil Ditreskrimum dan perwakilan sat Reskrim Polres jajaran dan
Personil Polres jajaran melalui virtual zoom.

Pewarta : Sadiman
Editor : Widiyo Prakoso

Ikuti Kami di :banner 300x250banner 300x250banner 300x250
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.