Kapolda Sumsel Melepas Jamaah Haji Sebanyak 59 Personel Polda Sumsel dan Jajaran Secara Resmi

  • Whatsapp

PALEMBANG, Beritategas,com – Kapolda Sumatera Selatan Irjen. Pol. A. Rachmad Wibowo, SIK, diwakili Dirbinmas Polda Sumsel Kombes. Pol. Sofyan Hidayat, SIK, MM didampingi Kabag Watpers Ro SDM Polda Sumsel AKBP. Fachruddin Jaya, SIK, melepas jamaah haji Polda Sumsel sebanyak 59 Personel Polda Sumsel dan Jajaran secara resmi di Masjid Assaadah Mapolda Sumsel jalan Jendral Sudirman KM 4 Palembang disaksikan oleh Perwakilan Para PJU Polda Sumsel dan para undangan yang hadir, Selasa (07/05/24).

Dalam sambutannya Dirbinmas Polda Sumsel Kombes Pol Sopyan Hidayat, SIK, MM, mengucapkan selamat kepada jamaah calon haji Polda Sumsel dan jajarannya yang terdiri dari 13 Pamen,15 Pama,19 Bintara dan 12 ASN secara resmi untuk menunaikan panggilan Allah ke tanah suci.

“Semoga selamat berangkat dan pulang kembali tanah air menjadi haji yang mabrur”, ucap Sofyan yang diaminkan secara serentak oleh Jamaah hadir.

Lebih lanjut, Kombes Pol Sopyan Hidayat menjelaskan bahwa pemerintah melalui undang-undang nomor 8 tahun 2019 tentang penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh bahwa penyelenggaraan ibadah haji bertujuan untuk memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan yang sebaik-baiknya pada jamaah haji sehingga dapat menunaikan ibadah sesuai ajaran agama islam.

“Kepada calon Haji agar ikhlas menjalankan ibadah, diusahakan secara maksimal, istiqomah dan selalu berserah diri kepada Allah, jaga kesehatan, karena ini modal terpenting dalam menunaikan setiap prosesi ibadah haji, terlebih cuaca di Arab Saudi cenderung berbeda dibandingkan dengan Indonesia”, tambah Kombes Pol Sopyan sembari menceritakan pengalamannya serta kesan dalam menunaikan ibadah haji tahun sebelumnya.

Tidak lupa Kombes Pol Sofyan Hidayat, SIK, MM mengingatkan jamaah untuk mendoakan diri, keluarga, lingkungan dan bangsa Indonesia agar dapat keluar dari persoalan-persoalan yang dihadapi, khususnya Sumatera Selatan Kembali gemuruh ucapan “aamiin” keluar dari mulut jamaah dan hadirin.

Sementara itu dalam sambutannya perwakilan calon jamaah haji AKBP M. Fijar Muslim didampingi Wadir Pam Obvit Polda Sumsel AKBP Raden Bobby Ariaprakasa, SIK, MH, Kapolres Musi Rawas AKBP Andi Supriadi, SH, SIK, MH mengucapkan permohonan kepada yang hadir mewakili dari 59 jamaah lainnya.

“Mohon dimaafkan kalau selama melaksanakan tugas selama ini mungkin ada salah dan alfa selama pergaulan sehari hari sehingga dengan maaf dan doa kami dapat melaksanakan ibadah dengan lancar dan mendapat predikat haji yang mabrur”, ucap Dirtahti Polda Sumsel.

“Hikmah haji dapat diartikan sebagai manfaat yang didapat atas sesuatu. Hikmah haji ini merupakan dampak langsung yang timbul pada diri manusia setelah memenuhi panggilan Allah SWT untuk melaksanakan kedua ibadah penting tersebut. Allah menjanjikan bahwa orang yang mengerjakan haji dan umrah akan mendapatkan banyak hikmah dan manfaat”, jelas ustad Ahmad Syukri, S.Pd.

Ibadah penting yang memberikan hikmah haji ini termasuk dalam kewajiban umat Islam yang tentunya berpahala. Dalam Alquran surat Ali Imran ayat 97, Allah SWT berfirman:

“Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu bagi orang-orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barang siapa mengingkari kewajiban haji, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya dari alam semesta”, ucapnya.

Ikuti Kami di :banner 300x250banner 300x250banner 300x250
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.