HPSN Tahun 2024 Usung Tema : Indonesia Bersih, Indonesia Maju, Indonesia Sejahtera

  • Whatsapp

MESUJI, Beritategas.com – Menandai puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024, jajaran pemerintah Kabupaten Mesuji melakukan aksi bersih-bersih sampah yang dipusatkan di Kecamatan Rawajitu Utara, Minggu (25/02/24).

Kegiatan ini dipimpin langsung Sekretaris Daerah Syamsudin, S. Sos bersama Forkopimda, TNI/Polri, Aparatur Kecamatan, Aparatur Desa, Masyarakat dan ratusan anggota Pramuka Kwaran Mesuji yang sedang melakukan kegiatan Karya Bhakti Pramuka sejak Tanggal 23-25 Februari 2024 di Desa Sungai Sidang.

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional ini, bertujuan untuk mensosialisasikan serta meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah, khususnya di wilayah Kabupaten Mesuji.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Syamsudin mewakili Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar mengatakan, kegiatan ini dengan mengusung tema “Indonesia Bersih, Indonesia Maju, Indonesia Sejahtera” dan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap 21 Februari.

“Kegiatan bersih-bersih sampah ini diharapkan salah satu upaya dalam menjaga kelestarian alam dan mewujudkan lingkungan hidup yang bersih serta nyaman bagi kehidupan”, jelas Syamsudin.

Syamsudin menambahkan bahwa salah satu masalah pengelolaan sampah yang sangat mendesak dan perlu dilakukan penanganan secara continue adalah masalah sejak di tingkat rumah tangga melalui pemilahan sampah.

“Dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini dapat mendorong dan memotivasi masyarakat untuk mengelola sampah sehingga akan mempercepat terwujudnya yang sehat, cerdas dan sejahtera”, tambah Sekda Syamsudin.

Dampingi anak-anak belajar daring,
Sekda berharap akan kebersihan lingkungan ini ada peran aktif dari masyarakat dan Perangkat Desa untuk mengelola sampah baik organik maupun non organik melalui kearifan lokal yang ada di masing masing Desa.

“Gotong-royong adalah ciri khas kita. Saat melakukan aksi bersih-bersih ini, tentunya juga sekaligus memperkuat tali persaudaraan antar warga. Yang tadinya belum sadar pun ikut sadar untuk tidak membuang sampah secara sembarangan”, ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mesuji, Agung Subandara menuturkan, Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati setiap tanggal 21 Februari yang dicanangkan Kementerian Lingkungan Hidup RI.

“Agar pengelolaan sampah berjalan dengan optimal, maka diperlukan upaya terpadu berkelanjutan dan bersinergi dengan semua unsur. Baik itu masyarakat, swasta, organisasi sosial, dan stakeholder lainnya”, terangnya.

Disisi lain, Camat Kecamatan Rawajitu Utara Hendra Kurniawan usai kegiatan bersih bersih sampah ini mengatakan, pihaknya akan melakukan pembenahan di lingkungan RT/ RK setiap Desa dan akan menyediakan tempat sampah kantong plastik.

Di samping itu, kata Hendra, pihaknya akan terus mengedukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Kita harapkan masyarakat dapat membuang sampah di kantong plastik yang akan disediakan. Dan nantinya sampah akan dipilah”, pungkasnya.

Pewarta: Ardi Wijaya
Editor: Widiyo Prakoso

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.