Festival Lima Gunung Ajang Pentas Kesenian, Musik dan Tari

  • Whatsapp
Festival

MAGELANG, Beritategas.com – Dusun Sudi moro Desa Bale Agung kecamatan Grabag kabupaten Magelang, mengadakan Festival Lima Gunung, Sabtu (26/08/2023)

Kegiatan Festival 5 gunung telah dibuka sejak kemarin tanggal Kamis (24/08). Pembukaan acara diawali perayaan Desa (Karnaval) yang dibuka langsung oleh Kepala Desa Bale Agung Nur Muhamad Sholihin.

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 78 di Dusun Sudi Moro Kelurahan Bale Agung Keamatan Grabag Kabupaten Magelang.

adapun kegiatan kesenian yang digelar hari ini yakni dengan menampilkan sekitar 36 macam kelompok kesenian dan musik serta tarian.

Kepala Desa Bale agung Nur Muhamad Sholihin pada Beritategas.com menuturkan, Festival ini diadakan sudah yang ke 22 kali dan dihadiri dari berbagai daerah.

Pada Festival tahun 2023 ini, ada yang dari Papua, Jakarta, Purwakarta Tanggerang, Jombang, semarang, Yogyakarta, dari mancanegara Jepang dan masih banyak dari beberapa Kota lainnya,” Ungkapnya. Sabtu (26/08).

Lanjutnya, dan untuk pentas kesenian yang ditampilkan pada hari yang ketiga (Hari ini), da 26 kesenian dan musik yang ditampilkan sampai nanti malam.

“Penampilan pertama hari ini yang di tampilkan adalah tarian Kuda lumping Idakap, Putri dan dilanjutkan dengan pentas Musik dan kesenian yang lebih seru lagi hingga usai malam nanti,” ujarnya.

Kepala Desa Bale Agung juga menambahkan, sebetulnya Lima Gunung itu mengartikan didesanya ada yang mengikuti Komunitas 5 Gunung maka itu dinamakan Festival lima Gunung. Terdiri dari gunung Sumbing, Merbabu, Telomoyo, Merapi dan gunung Andong.

“Festival 5 Gunung yang diadakan di dusun Sudi moro sangat ramai luar biasa karna selama pelaksanaan Festival dibuka banyak yang berdatangan menampilkan kemahiranya masing masing peserta Kesenian tarian dan musik hingga banyak orang yang berdatangan untuk menyaksikan pertunjukan Pentas seni yang di tampilkan oleh berbagai daerah maupun Kota diseluruh Indonesia dan dari mancanegara,” imbuhnya.

Festival 5 Gunung akan berakhir pada hari Minggu malam. Kepala Desa Balae Agung berharap semoga festival ditahun kedepannya bisa lebih ramai.

“Dan tambah maju agar kita tetap bisa menjaga dan selalu melestarikan budaya kesenian dan musik. Agar kita terus melaju menuju Indonesia maju. Merdeka.!!!!,” Tutupnya.

Pewarta : Bambang Kuntono
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.