Edward Candra Harapkan DMI Mengajak Masyarakat Untuk Memakmurkan Masjid

  • Whatsapp

BATURAJA, – (Beritategas) – PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten OKU Masa Bhakti 2019-2024 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Kamis (16/09/2021).

Ketua DMI Kabupaten OKU Dr. Ibnu Sodik, S.Ag., M.Pd.I., menyampaikan, Rakerda ini merupakan satu amanat dari organisasi berdasarkan AD/ART dalam rangka untuk menyatukan visi dan misi dari seluruh jajaran, mengadakan koordinasi dan konsolidasi organisasi untuk menggerakkan organisasi ke depan.

Bacaan Lainnya

Lanjut dikatakan, selama ini DMI melaksanakan kegiatan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah yaitu memberdayakan masjid. Diantara yang sudah dilakukan DMI adalah pelatihan imam dan khotib yang telah mengeluarkan 350 sertifikat, membina marbot, dan pelatihan pengurus masjid.

“Rakerda ini diharapkan dapat menghasilkan program prioritas seperti dalam tema ini diharapkan dapat mewujudkan masjid OKU bersatu dan berbagi,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, DMI OKU mengharapkan bantuan, dukungan dari Pemerintah Daerah, dan juga dari Kanmenag OKU agar terus menjalankan program-program yang sudah ini harapan ke depan bisa ditingkatkan lagi.

Sementara itu, PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., mengatakan, bagaimana ditengah keterbatasan ini kita masih tetap bisa melakukan kegiatan-kegiatan rutinitas kita baik menyangkut bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang diantaranya adalah pada hari ini yaitu mengoptimalkan kerja dari DMI Kabupaten OKU bahwa sudah tidak ada lagi kegiatan, karena kondisi keterbatasan kita selama ini.

Meskipun demikian aktivitas, masih kata Edward Candra, fungsi dari dewan masjid sesungguhnya masih tetap berjalan selama ini, terbukti dengan adanya program-program yang terkait kebijakan pemerintah dalam kegiatan ibadah ini dapat disampaikan kepada jemaah secara efektif melalui DMI.

“Pembangunan bidang keagamaan ini merupakan salah satu pilar dari pembangunan di kabupaten OKU bahkan rumusan visi pembangunan ini dengan tegas salah satu yang ingin dicapai adalah OKU yang religius,” ujarnya.

Edward Candra menambahkan, Ini tentu perlu komitmen bersama baik itu pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan kabupaten OKU yang religius yang salah satunya adalah mengoptimalkan berjalannya aktivitas kegiatan di masjid dalam wadah DMI yang kepengurusannya sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Kebersamaan memang diperlukan dalam mewujudkan pembangunan, terutama pembangunan yang religius yaitu antara ulama dan umaro untuk menciptakan sinergitas.

Program DMI dengan penambahan masjid OKU bersatu dan berbagi, sambut Edward Candra itu tujuan yang mulia program yang telah disampaikan bagaimana membangun, menggerakkan, masjid-masjid yang ada bersama-sama membangun visi, kebersamaan sehingga satu sama lain bisa saling membantu.

“Kalau dilihat dari lokasi sebaran masjid, ada masjid yang sudah dulu lebih maju, jamaahnya banyak, begitu juga sebaliknya dan program yang disampaikan tersebut sangat baik agar dibahas di dalam Rakerda ini,” katanya.

Pada bagian lain, Edward Candra mengharapkan agar DMI mengajak semua lapisan masyarakat untuk dapat memakmurkan masjid antara lain, dengan melakukan diskusi-diskusi tentang keagamaan, kajian-kajian Islam, literasi-literasi Islam, sehingga masjid bisa menjadi sebuah Islamic Centre dalam meningkatkan pendidikan di bidang agama untuk masyarakat.

“Program yang sudah dilaksanakan seperti pelatihan imam dan khotib disambut PLH Bupati dengan baik. Terkait dengan marbot, Pemerintah Daerah tahun 2022 nanti akan memperhatikan kesejahteraan marbot,” ujarnya.

Turut hadir, Ketua DPRD, Kapolres OKU, Mewakili Forkopimda OKU, Kanmenag OKU, OPD Terkait dan undangan lainnya.

Reporter : Rudi Hartono
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.