Dua Kapolres Gelar Diskusi Antisipasi Kerawanan Jelang Pilkada Serentak 2020

  • Whatsapp

MUARO JAMBI – Dalam rangka Pilkada Serentak 2020, Kapolres Muarojambi, AKBP. Ardiyanto, Sik, M.H dan Kapolres Batanghari, AKBP. Heru Ekwanto, Sik menggelar diskusi antisipasi kerawanan pembangunan TPS di Dusun Tanjung Mandiri yang mana merupakan batas wilayah Kabupaten Muaro Jambi dengan Kabupaten Batanghari.

Turut hadir Kasubdit Politik Dit Intelkam Polda Jambi, AKBP. Bagus Santoso, Sik,M.H, Kabag Ops Polres Batanghari, Kompol. Abd.Roni, Kabag Ops Polres Muaro Jambi, AKP. Ayani, S.Ip,Sik, Kasat Intelkam Polres Batanghari, AKP. Dastu Gustiawan, SH, M.H, Danramil Muara Bulian, Kapten Cba Juf Hendri, Kasat Reskrim Polres Muaro Jambi, Iptu. Khoirunnas, Sik, M.H, Kasat Intelkam Polres Muaro Jambi, Iptu. Razali, SH, Kapolsek Sei Bahar, Iptu. M. Syuaib, Paniy B Subdit Politik Dit Intelkam Polda Jambi, Iptu. Marwiansyah, SH, M.H, Kapolsek Bajubang, Iptu. Frans Sipayung, Kapolsubsektor Bahar Selatan, Ipda.Mashuri, Ketua Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi, M. Yusuf, SE, Ketua KPUD Kabupaten Batanghari, Kadir, Komisioner KPUD Kabupaten Muaro Jambi, Andi Agusri, SE, Komisioner KPUD Kabupaten Muaro Jambi, Hamdi, S.Pdi, Camat Bahar Selatan,Tusiyem, SE, Kades Tanjung Lebar, Kecamatan Bahar Selatan, Rustam Effendi, Ketua PPK Bahar Selatan, Amin Tahar ,PPS Desa Tanjung Lebar, Agus, Ketua PPK Bajubang, Septi, PPS Desa Bungku, Juandi.

Bacaan Lainnya

Acara diskusi digelar pada dua titik yaitu di Simpang Paeran sekira pukul 11:00 WIB dan di SD Perintis,Tanjung Mandiri sekira pukul 13:45 WIB,(2/12/2020) lalu.

Kapolres Muarojambi, AKBP. Ardiyanto, Sik,M.H menyampaikan,”adanya informasi dari Kepala Desa Tanjung Lebar, Kabupaten Muaro Jambi bahwa terdapat pro kontra terhadap pendirian TPS Kabupaten Batanghari di Dusun Tanjung Mandiri, Desa Tanjung Lebar.

Masih kata Ardiyanto, permasalahan adanya rencana pendirian TPS 10 Desa Bungku di tengah Dusun Tanjung Mandiri yang pada pemilihan sebelumnya tidak ada TPS di lokasi.

“Memang wilayah Dusun Tanjung Mandiri belum memiliki kepastian hukum tapal batas berdasarkan Permendagri,” tegasnya.

Lanjutnya, demi terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif selama berlangsungnya tahapan pungut dan hitung suara di lokasi,”mari bersama kita temukan solusi penyelesaiannya,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua KPUD Kabupaten Batanghari, Kadir menyampaikan, bahwa TPS 10 Dusun VI Desa Bungku berjumlah 257 orang daftar pemilih tetap (DPT). Dari total semuanya itu tersebar di beberapa wilayah diantaranya Dusun VI, Dusun Alam Sakti dan Dusun Bukit Sinyal.

“Untuk jumlah pastinya, saya tidak dapat memastikannya namun berjumlah lebih dari 100 DPT. Dan TPS 10, rencananya akan kami bangun di depan rumah Ketua Dusun VI Tanjung Mandiri, Desa Bungku dengan alasan mempermudah transportasi dan mendekatkan pemilih ke TPS,” ungkapnya.

Atas diskusi yang disampaikan oleh semua elemen, Kapolres Batanghari, AKBP. Heru Ekwanto, Sik mengatakan,”kami dari Polres Batanghari pada intinya sama dengan Polres Muaro Jambi yakni hadir untuk melayani masyarakat.,” tegasnya.

Masih kata Heru Ekwanto, pada prinsipnya, hal yang harus diutamakan ialah memelihara Kamtibmas agar tercipta situasi yang aman dan kondusif selama Pilkada serentak 2020.

“Kami dari Polres Batanghari pada intinya sama dengan Polres Muaro Jambi untuk hadir melayani masyarakat. Pada prinsipnya hal yang harus diutamakan adalah memelihara Kamtibmas agar terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif selama Pilkada serentak tahun 2020,” ujarnya.

lanjutnya, solusi yang kami tawarkan ada 2 yaitu berdasarkan keputusan bersama KPU Provinsi Jambi,KPUD Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Batanghari bahwa di lokasi Dusun Tanjung Mandiri akan didirikan TPS dari masing-masing Kabupaten, apabila tetap pendirian TPS di lokasi yang sama maka perlu dilakukan antisipasi keamanan.

“Dan jika terjadi pergeseran lokasi TPS maka harus dilakukan langkah antisipasi agar tercapai solusi penyelesaiannya,” tegas AKBP. Heru Ekwanto.

Dalam akhir diskusi, Kapolres Muarojambi, AKBP. Ardiyanto, Sik,M.H dan Kapolres Batanghari, AKBP. Heru Ekwanto, Sik menegaskan,” jika kendala yang dihadapi adalah transportasi maka dari pihak Polres Muaro Jambi dan Polres Batanghari siap mengakomodir mobilisasi pemilih apabila lokasi dipindahkan ke Simpang Paeran dan meminta semua masyarakat berkepala dingin dan tetap menjaga hubungan silaturahmi dengan tidak ada gesekan antar masyarakat,” tegas AKBP. Heru Ekwanto.

Bersamaan, Kapolres Muarojambi, AKBP. Ardiyanto, Sik, M.H menegaskan,”Mari kita kesampingkan ego. Bagaimana jika TPS bisa didirikan secara berdampingan, mari kita satukan tujuan demi kemajuan Dusun Tanjung Mandiri. Kita semua bersaudara di sini dan untuk pelaksanaan Pilkada, situasi Kamtibmas hanya ada dengan sinergi semua pihak. Mari kita sukseskan pelaksanaan Pilkada serentak yang aman dan kondusif,” tutupnya.

Reporter : Harvery
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.