Bupati Panca dan Kepala Desa Melebung Ikan Bersama Warga

  • Whatsapp
Melebung Ikan

OGAN ILIR, Beritategas.com – Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar S.H didampingi Forkopimda KabupatenOganIlir, Staf Ahli Bupati dan Kepala Perangkat Daerah Terkait Hadiri Silaturahmi Kepala Desa se Kabupaten Ogan Ilir disertai Melebung Ikan Bersama Masyarakat Desa. Jumat (13/10/2023) Berlokasi di Lebak Lebung Kades Dusun 1 Desa Sungai Rotan Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir,

Bupati Panca Wijaya Akbar menyampaikan Kegiatan memanen ikan bersama-sama disaat musim kemarau adalah tradisi dari Daerah Kabupaten Ogan Ilir yang disebut melebung.

Bacaan Lainnya

“Selain meningkatkan silahturahmi antara Kepala Desa Se Ogan Ilir kegiatan ini juga mengajak masyarakat mencintai sebuah budaya daerah dan juga menjadi momen untuk mempersatukan Masyarakat Kabupaten OganIlir,” Ujarnya

Dikatakan Bupati Panca, ia mengadakan Panen Ikan atau Melebung ini sudah yang ke Tiga kalinya, Pertama Melebung di Kebun Sendiri setelah itu di Desa Ulak Bedil dan kali ini di desa Sungai Rotan, dan juga memperkenalkan Daerah ini dengan Kapolres dan Kajari karena dari luar daerah.

“Pak Kapolres ini dari Sulawesi, Pak Kajari ini dari Padang, Pasti melihat hal seperti ini tidak ada di tempat mereka, seperti Pak Kapolres ini Ikannya Ikan laut tidak pernah melihat ikan Sungai yang di panen di saat musim kemarau”. kata dia.

Bupati Panca mengungkapkan pada tahun lalu tidak terjadi kemarau dan airnya tidak surut dan musim kemarau pada tahun 2023 ini, panasnya sangat ekstrem jadi beberapa Lebung yang biasanya tidak bisa dipanen pada tahun ini kering tidak ada air hingga panen Lebung melimpah tetapi Kemarau Panjang ini berdampak pada Karhutla.

“Teruntuk Kepala Desa Se Kabupaten Ogan Ilir agar jangan sampai lalai dalam menghadapi karhutlah yang rawan terjadi saat ini, tetap siaga agar dapat mengantisipasi adanya titik-titik kebakaran yang ada di daerahnya masing-masing.” Jelasnya.

Sementara Kepala Desa Sungai Rotan Noprianti (Santi), mengucapkan terima kasih kepada Bupati Panca Wijaya Akbar serta seluruh Jajarannya yang telah hadiri langsung acara Silaturahmi Kepala Desa se Kabupaten Ogan Ilir disertai melebung ikan bersama masyarakat Desa Sungai Rotan.

“Acara Panen Ikan atau Melebung ini kita adakan wujud menjalin silaturahmi antar Kepala Desa dan Warga dengan menangkap ikan secara bersama yang ada di dalam kebung atau konsen,” kata dia.

Dikatakan Kades Sungai Rotan Panen Ikan atau Melebung ini diadakan setiap tahun disaat ikan sudah terkumpul di dalam Konsen atau Lebung tersebut karena adanya musim kemarau.

“Tahun ini panen ikan di Lebung kita ini meningkat pada tahun sebelumnya dan bisa menjadi lauk pauk untuk peningkatan gizi,” ujarnya.

Pewarta : Junaidi
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.