Bupati Muna Tersangka Kasus Suap, Rakyat Tetap ” SENYUM “

  • Whatsapp
Opini
Jadusin

Oleh : Jadusin, S.Sos,M.Si
Pencetus Gerakan Nasioal TuLarkan IhLas Untuk Rakyat

Muna, Beritategas.com -Komite Pemberantasan Korupsi ( KPK ) telah menetapkan Bupati Muna Sulawesi Tenggara, L.M Rusman Emba, S.T pada tanggal 12 Juli 2023 sebagai tersangka suap pengurusan dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional ( PEN ) Kabupaten Muna di Kementerian Dalam Negeri tahun 2021-2022.

Bacaan Lainnya

Anggaran Dana PEN terbilang tinggi sejak diluncurkan tahun 2020 sebesar Rp 695,2 Triliun dan pada tahun 2022 anggaran dana PEN menurun menjadi Rp 455.62 Triliun.

Amarah, kesedihan yang menghebohkan seantero Muna atas ditetapkannya Bupati Muna sebagai tersangka dugaan suap tersebut namun Rakyat Muna Tetap ” SENYUM ” ( SElalu Niat Yang tulUs Untuk Muna ).

Rakyat Muna tetap ” SENYUM ” merupakan tekad rakyat untuk terus bekerja keras, bekerja cerdas, menjaga kohesi sosial, memperkuat persatuan dan mendoakan pejabat Muna serta seluruh kuasa pengguna anggaran lainnya bekerja lebih baik lagi tanpa korupsi.

Mencuatnya fakta Suap, korupsi kepala memang bukanlah baru. Berdasarkan data situs KPK.go.id sejak tahun 2004 sampai Januari 2022 ada 22 gubernur dan 148 Bupati / Walikota yang telah ditindak oleh KPK dinegeri ini.

Rakyat tetap SENYUM disaat ada dugaan suap Bupati Muna merupakan isyarat ada keyakinan rakyat bahwa masih banyak pejabat, figur dan generasi muda yang nantinya akan melayani rakyat dengan jujur, ihlas untuk mengabdi pada Pemda Muna dengan jauh dari Korupsi.

Bupati Muna dua periode yang pernah mendapatkan penghargaan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP ) tahun 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan RI, kini harus berhadapan dengan KPK. Kasus ini kembali mengingatkan kita semua akan pesan luhur dari Raja Pertama Muna, La Eli dengan gelar Bheteno Ne Tombula yang menyampaikan agar setiap pelayan rakyat untuk tidak memperkaya diri dengan alasan apapun.

Rakyat Muna harus memberikan apresiasi yang tinggi terhadap KPK. Ini pembuktian pengawasan KPK kepada siapun yang mencoba merampas duit rakyat, suap dan sejenisnya untuk kepentingan individu dengan melanggar regulasi yang ada. Di sisi lain rakyat Muna harus menghargai dan mendukung sikap Bupati Muna yang mungkin akan melakukan pembelaan diri dalam proses hukum ini dihadapan pengadilan yang berkeadilan.

Rakyat Muna tidak putus asa untuk terus mendoakan dengan tulus niat tulus kepada para pejabat lainnya demi kemajuan daerah. Kabupaten Muna masih memiliki sumber daya alam melimpah untuk dikelola demi kesejahteraan rakyat. Areal 38.391 hektar terumbu karang, luas wilayah laut 2.559,4 kilometer persegi, wisata bahari dengan area 76.417 hektar sebagai kawasan konservasi taman wisata perairan, 20.000 hektar lahan jambu mente, peternakan, Geliat UKM serta puluhan SDA lainnya diberbagai sektor.

Semoga harapan rakyat Muna sejahtera bisa diwujudkan dengan figur pemimpin dan pelayan rakyat yang jujur dalam mengelola Sumber daya yang ada tanpa korupsi.

Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.