SMPN 3 Batanghari Juara 3 regional 2 Lomba Sekolah Siaga Kependudukan Tingkat Nasional

  • Whatsapp
SMPN 3
Dr. Munawar Ibrahim, S.Kp.,MPH

JAMBI, Beritategas.com – Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi Dr. Munawar Ibrahim, S.Kp.,MPH mengatakan, Lomba Sekolah Siaga kependudukan merupakan ajang apresiasi dari BKKBN kepada sekolah tingkat SMA sederajat dan SMP sederajat yang fokus dan ikut andil dalam kampanye program Bangga Kencana.

Pada apresiasi pelaksanaan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Paripurna Terbaik Tahun 2022 ini, SMPN 3 Batanghari dinobatkan sebagai Juara 3 regional 2 Tingkat Nasional Lomba Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Paripurna kategori tingkat SMP Sederajat yang diselenggarakan BKKBN melalui Direktorat Kerjasama Pendidikan Kependudukan pada even bertajuk Apresiasi Pelaksanaan Pendidikan Kependudukan Tahun 2022.

Bacaan Lainnya

Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam beberapa mata pelajaran sebagai pengayaan materi pembelajaran, tujuan yang diharapkan dengan adanya program SSK ini tentu saja selain memupuk kesadaran akan kondisi kependudukan di wilayah tempat tinggal masing-masing siswa, juga menumbuhkan sikap bertanggung jawab dan perilaku adaptif berkaitan dengan dinamika kependudukan. Lebih dari itu mengembangkan sikap yang tepat dalam mengambil keputusan untuk mengatasi masalah-masalah kependudukan kelak ketika mereka menjadi dewasa.

Selain mengintegrasikan pendidikan kependudukan ke dalam mata pelajaran yang sudah ada, Sekolah SSK memiliki ruang khusus disebut “Pojok Kependudukan” yang di dalamnya menjadi pusat sumber daya informasi Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana, (Bangga Kencana) Bangga Kencana menjadikan keluarga sebagai sandaran pembangunan serta berfokus mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Pojok kependudukan (population corner) ini juga berfungsi menjadi pusat informasi dan konseling untuk masalah-masalah kependudukan maupun kesehatan reproduksi bagi remaja.

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.