Setwan Karanganyar Belajar Kehumasan di Gedung Berlian

  • Whatsapp
Setwan Karanganyar
Istimewa

KARANG ANYAR, Beritategas.com – Sekretariat DPRD (Setwan) Kabupaten Karanganyar berkunjung ke Gedung Berlian, baru-baru ini, guna mempelajari pengelolaan kehumasan.

Rombongan diterima oleh Kasubbag Protokol Bagian Humas Setwan Provinsi Jateng Rizal Anugrah Bachriar, Pejabat Fungsional Pranata Humas Cahya Dwi Prabowo beserta Tim Teknis Setwan.

Pada kesempatan itu, Kepala Bagian Umum dan Keuangan Susanti menyampaikan, pihaknya berkunjung ke DPRD Jateng dalam rangka peningkatan kinerja khusus pengelolaan website.

Selain itu, pihaknya juga ingin mendapatkan informasi seputar fasilitasi kegiatan kehumasan pimpinan dan anggota DPRD.

“Kami kekurangan SDM sehingga pengelolaan website-nya kurang maksimal. Kami ingin tahu mengenai pengelolaan website dan penanganan kehumasan di DPRD Jateng,” ungkapnya. Rabu (19/10/2022).

Dalam hal ini, ia menilai pengelolaan kehumasan khususnya website dan media sosial DPRD Provinsi Jateng sangat baik sehingga perlu dijadikan contoh. Untuk itu, pihaknya ingin mengetahui mengenai pengelolaan dan penganggarannya.

Menanggapi hal tersebut, Rizal Anugrah Bachriar menjelaskan, Setwan Provinsi Jateng merupakan DPRD Tipe A. Dipimpin oleh Sekretaris DPRD (Sekwan) Urip Sihabudin dan dibantu oleh 4 Sub Bagian diantaranya Bagian Umum, Bagian Persidangan, Bagian Humas, dan Bagian Keuangan. Untuk Bagian Humas, ada 3 Sub Bagian yaitu Sub Bagian Protokol, Sub Bagian Publikasi, dan Sub Bagian Informasi dan Dokumentasi.

“Setelah ada penyederhanaan birokrasi, Sub Bagian Publikasi dan Sub Bagian Publikasi difungsionalkan menjadi Pranata Humas,” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam rangka pelayanan kedewanan, Setwan Provinsi Jateng membuat aplikasi Sistem Pelayanan Anggota Dewan (Sipelawan). Aplikasi itu merupakan rumah bagi 6 aplikasi yaitu e-Legislasi, e-Aspirasi, Wadul Dewan, Data Center, SIKD, dan e-SPT. Semua aplikasi tersebut bisa diakses di website dprd.jatengprov.go.id.

Sementara itu, Pejabat Fungsional Pranata Humas Cahyo menyampaikan mengenai pengelolaan website yang dikelola oleh Tim Teknis sejumlah 15 orang. Masing-masing mempunyai tugas untuk meliput dan mendokumentasikan kegiatan Pimpinan dan Anggota DPRD.

“Setiap hari pasti ada konten berita yang diunggah mengenai kegiatan kedewanan maupun kesekretariatan,” ungkapnya.

Cahyo menambahkan, selain website, media sosial juga digarap oleh Humas. Platform media sosial yang sudah dikelola diantaranya YouTube, Twitter, facebook, dan instagram. Semua berita yang ada di website akan di blasting melalui media sosial tersebut.

Pewarta : Dwi Nur Biyanto
Editor : Firman

Ikuti Kami di :banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.