Sate Daging dengan Bumbu Ungkep

  • Whatsapp

SRAGEN, Beritategas.com – Hari Idul Adha tidak bisa dipisahkan dengan daging. Banyak sekali olahan daging yang bisa dinikmati, mulai dari sate, rendang, opor dan sebagainya. Handayani yang merupakan Kepala Sekolah SDN Sambirejo 2, bertempat tinggal di Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen, membagikan resep olahan daging berupa Sate Daging Bumbu Ungkep, Senin (17/06/24).

Handayani menjelaskan bahwa bahan-bahan yang digunakan sangatlah mudah didapat dan tidak terlalu ribet.

“Olahan sate daging bumbu ungkep bahan-bahannya sangat lah mudah di dapat. Bahan-bahannya adalah 8 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 sendok ketumbar, 1/2 sendok merica dan 1/2 sendok garam”, jelasnya.

Handayani menambahkan bahwa dari bahan-bahan tersebut dihaluskan, sementara daging dipotong sesuai selera.

“Setelah bahan-bahan didapat, kumpukan dalam wadah dan dihaluskan. Sementara itu, dagingnya bisa kita potong menurut selera masing-masing”, tambahnya.

Setelah bumbu dan daging siap, keduanya dicampur menjadi satu dan di ungkep sebelum dibakar.

“Kiranya bahan-bahan tersebut sudah siap, campurkan bumbu dan daging di dalam wadah. Siapkan daun pepaya yang sudah dicuci, masukkan dalam wadah sebagai alas daging. Daun pepaya bertujuan agar daging cepat empuk, tutup sekitar 20 menit agar bumbu meresap kedalam daging. Daging ditusuk dengan tusuk sate. Setelah itu bisa langsung dibakar atau dipanggang sampai matang.
Karena sudah mengandung bumbu, sate tidak perlu lagi diolesi dengan bahan lain”, pungkasnya.

Pewarta : Widiyo Prakoso
Editor : Firman

Ikuti Kami di :banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.