Kuliner Khas Surakarta Yang Menggoyang Lidah

  • Whatsapp
Kuliner Surakarta
Tengkleng

SURAKARTA, Beritategas.com – Surakarta terkenal dengan adat dan budaya, Kota Surakarta yang akrab dipanggil dengan Solo, banyak sekali peninggalan bersejarah seperti Keraton Surakarta, Patung Tugu Gupala di Gladak Solo, museum. Selain peninggalan bersejarah, ternyata banyak objek wisata dan kuliner.

Salah satu yang menarik yaitu kuliner, awak media Beritategas.com mendatangi salah satu warung Tengkleng Mbak Diah yang berada di Jalan Ahmad Yani Blok 380 Laweyan Surakarta dan mendapat sambutan serta dengan pelayan yang ramah, Kamis (02/02/23).

Bacaan Lainnya

Setelah dipersilahkan duduk oleh pelayan, awak media Beritategas.com pun memesan Tengkleng dan minum jeruk hangat. Sembari menunggu pesanan datang, awak media berbincang-berbincang dengan salah satu pelanggan bernama Ningsih.

“Warung Tengkleng Mbak Diah sangat enak dan selalu ramai pengunjung. Disamping enak, harganya terjangkau”, jelasnya.

Setelah pesanan tengkleng datang dan ditaruh di meja, aromanya sungguh harum, bumbu rempahnya tercium semerbak menggoda lidah. Awak media dan Ningsih pun mencicipi masakannya.

“Maak nyus, sebagai penawar rasa penasaran. Tidak rugi kalau mau jalan-jalan di kota Surakarta provinsi Jawa Tengah ini”, tambah Ningsih.

Warung Mbak Diah selain tengkleng ada s
Sate, Gulai, Tongseng, dengan khas aroma bumbunya wangi, harum, asli dimasak dengan bumbu rempah-rempah tanpa memakai bumbu kemasan.

“Warung yang selalu ramai pengunjung ini tempatnya pun sangat bersih, para pengunjung juga disuguhi dengan hiburan Jawa gamelan Karawitan bikin Laras tenang, hati ayem teduh dan nyaman”, ungkapnya.

Warung Tengkleng Mbak Diah dengan warisan bumbu leluhurnya, rempah-rempah seperti kunyit, jahe, jintan, pala, temu Ireng dan masih banyak lagi.

“Olahan bumbu Mbak Diah adalah warisan leluhur yang turun temurun diwariskan ke anak cucunya, alat dapur yang untuk memasak masih asli menggunakan Kuali dari tanah liat yang akan menambah cita rasa yang nikmat harum”, pungkasnya.

Pewarta : Dwi Nurbiyanto dan Joko Purwanto
Editor : Widiyo Prakoso

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.