KKM Kelompok 61 Reguler Tematik Gelombang II Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2023

  • Whatsapp
Indah Maulia
Indah Maulia

Penulis : Indah Maulia
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) dikembangkan melalui pendekatan pemberdayaan kelompok yang berbasis masyarakat, sehingga Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) dapat memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk belajar mandiri agar mahasiswa dapat belajar secara langsung dan secara aplikatif untuk menemukan kompetensinya.

Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Reguler Tematik Gelombang II Universitas Sultan
Ageng Tirtayasa 2023 Kelompok 61 ditempatkan di Desa Cikatapis, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Banten.

KKM Kelompok 61 ini dilaksanakan dalam jangka waktu 1 bulan, yaitu dimulai sejak tanggal 18 Juli 2023 sampai dengan 18 Agustus 2023.

KKM kelompok 61 telah melaksanakan beberapa program kerja di Desa Cikatapis, diantaranya ada program utama dan program pendukung. Program utamanya adalah UMKM. Sedangkan program pendukung antara lain sosialisasi sex education, bimbingan belajar, sosialisasi pengenalan teknologi dan bijak bersosial media, perpustakaan keliling, PHBN HUT Kemerdekaan RI ke-78, tes kesehatan, dan SP4N LAPOR.

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, program kerja utama KKM Kelompok 61
adalah UMKM. Program kerja utama pada UMKM yang telah dilaksanakan oleh Kelompok 61 telah melaksanakan beberapa tahap, diantaranya dimulai dari survei UMKM, analisis hasil survei UMKM, dan realisasi UMKM.

Pada tahap survei, kami telah melakukan survei ke beberapa UMKM yang ada di desa Cikatapis. Di antaranya UMKM Lesgo (Lele Siap Goreng), kembang tahu, susu kedelai, dan Maggot.

Setelah melalui tahap survei, kami telah melakukan analisis hasil survei, guna mengetahui apa saja yang perlu kami realisasikan pada ketiga UMKM tersebut. Pada tahap ketiga yaitu tahap realisasi UMKM, kami telah merealisasikan sebuah stiker logo untuk ketiga produk UMKM yang dipasarkan tersebut.

Pada program kerja pendukung yang pertama yaitu sosialisasi sex education.
Pelaksanaannya yaitu kami melakukan sosialisasi perihal sex education pada peserta didik kelas 4, 5, dan 6 SDN 1 Cikatapis. Tujuan dilaksanakannya program kerja sosialisasi sex education adalah agar peserta didik tersebut lebih mengenal seputar sex education sejak dini, dan mencegah adanya pelecehan seksual pada anak di bawah umur.

Program kerja pendukung yang kedua yaitu bimbel atau bimbingan belajar. Bimbel ini sasarannya adalah peserta didik kelas 4, 5, dan 6 SDN 1 Cikatapis. Tujuan bimbel ini dilaksanakan guna menambah pengetahuan serta bahan ajar bagi peserta didik kelas 4, 5, dan
6 SDN 1 Cikatapis.

Program kerja selanjutnya yakni pengenalan teknologi dan bijak bersosial media. Proker tersebut kembali direalisasikan pada peserta didik kelas 4, 5, dan 6 SDN 1 Cikatapis.

Tujuan dilaksanakannya proker tersebut guna memperkenalkan teknologi kepada peserta didik agar lebih mengetahui lebih mendalam cara penggunaan teknologi secara bijak dan juga tepat.

Selain itu, tujuan yang lain juga guna mengarahkan peserta didik dalam bermain sosial media supaya lebih bijak lagi dalam penggunaannya. Karena tidak sedikit anak-anak seusia mereka yang masih belum bijak dalam penggunaan sosial media.

Program kerja selanjutnya yaitu perpustakaan keliling. Dalam pelaksanaannya, KKM Kelompok 61 melakukan kerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten
Lebak. Proker tersebut sasarannya adalah peserta didik kelas 4, 5, dan 6 SDN 1 Cikatapis.

Dalam pelaksanaannya, kami menyediakan banyak referensi buku fiksi maupun nonfiksi untuk dibaca oleh peserta didik, tujuannya guna menambah pengetahuan serta wawasan
peserta didik.

Lalu program kerja pendukung selanjutnya yaitu Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) HUT Kemerdekaan RI ke-78. Dalam pelaksanaannya, Kelompok 61 ikut serta
menjadi panitia PHBN bersama Perangkat Desa Cikatapis. PHBN tersebut dimulai sejak tanggal 1 Agustus 2023 sampai dengan tanggal 13 Agustus 2023. Warga Desa Cikatapis sangat antusias dalam mengikuti serangkaian acara PHBN tersebut.

Beberapa perlombaan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana. Kemudian program kerja pendukung selanjutnya yaitu tes kesehatan. Dalam pelaksanaan proker tersebut, KKM Kelompok 61 bekerja sama dengan pihak Puskesmas Kecamatan Kalanganyar dan pihak Posyandu Mawar Kampung Keong, Desa Cikatapis.

Untuk tes kesehatan, Kelompok 61 membantu pihak Puskesmas Kalanganyar dalam melaksanakan pengecekan gula darah serta tensi bagi warga Kampung Keong, Desa Cikatapis. Sedangkan untuk posyandu, Kelompok 61 membantu pihak Posyandu Mawar Kampung Keong, Desa Cikatapis. Seperti membantu imunisasi, menimbang berat badan serta mengukur tinggi badan anak-anak.

Lalu untuk program kerja pendukung yang terakhir yakni SP4N LAPOR. Proker
tersebut yaitu berasal dari pihak LPPM Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dalam pelaksanaannya, kami melakukan pengenalan penggunaan SP4N LAPOR sebagai wadah guna menyampaikan keluhan masyarakat. Kami melakukan presentasi terkait SP4N LAPOR. lalu kami mengarahkan masyarakat bagaimana cara menyampaikan keluhan menggunakan SP4N LAPOR.

Pelaksanaan proker SP4N LAPOR disatukan dengan acara Musyawarah Desa (Musdes) Cikatapis yang dihadiri oleh Ketua RW dan RT Desa Cikatapis.

Berdasarkan hasil pemaparan di atas, penulis menyimpulkan bahwa kegiatan Kuliah Kerja Mahaiswa (KKM) Kelompok 61 Reguler Tematik Gelombang II Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2023 telah melaksanakan 8 program kerja. Di antaranya yaitu, 1 program utama, dan 7 program pendukung.

KKM Kelompok 61 telah berhasil menyelesaikan 8 program kerja tersebut dengan baik dan tepat dalam jangka waktu 1 bulan.

Kami segenap peserta Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Kelompok 61 mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak, di antaranya DPL, Perangkat Desa Cikatapis, dan Warga Desa Cikatapis yang telah membantu ikut serta dalam menyelesaikan beberapa program kerja kami, sehingga kami dapat menyelesaikan beberapa program kerja tersebut dengan tepat waktu.

Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.