Gelar FGD, Antisipasi Dampak Rencana Pengalihan BBM Bersubsidi Di OKU

  • Whatsapp
FGD
Focus Group Discussion Antisipasi Dampak Rencana Pemerintah Melakukan Pengalihan BBM Bersubsidi di Wilayah Kabupaten OKU di Ruang Abdi Praja Pemkab OKU

BATURAJA, Beritategas.com – Sekda OKU H. Achmad Tarmizi mewakili Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah ketika membuka Focus Group Discussion (FGD) Antisipasi Dampak Rencana Pemerintah Melakukan Pengalihan BBM Bersubsidi di Wilayah Kabupaten OKU di Ruang Abdi Praja Pemkab OKU. Kamis (01/09).

Sekda OKU mengatakan, Pemerintah Kabupaten OKU sangat mengapresiasi dan menyambut baik pelaksanaan Forum Group Discussion.

Bacaan Lainnya

“Untuk menyatukan persepsi dan mensinergikan rencana langkah yang harus kita lakukan bersama apabila nantinya ditetapkan kebijakan Pemerintah berkenaan dengan pengurangan subsidi BBM dan untuk mengimbangi stabilitas perekonomian Nasional dan penyesuaian struktur keuangan Negara,” ujarnya.

Meskipun pada dasarnya, masih kata Sekda, kita semua meyakini bahwa sangat dilema bagi Pemerintah untuk mengambil keputusan yang menyangkut kepentingan masyarakat dan sudah pasti apapun yang ditetapkan Pemerintah, itu adalah pilihan yang terbaik bagi masyarakat.

Sambungnya, Pemerintah sangat memahami, berbagai opini yang muncul terhadap wacana atau isu-isu kenaikan BBM akan tetapi disisi lain, bahwa sesungguhnya kebijakan kenaikan BBM mengandung tujuan untuk mewujudkan rasa keadilan, subsidi BBM yang diberikan Pemerintah ternyata sebagian besar dinikmati oleh orang-orang yang dinilai mampu secara ekonomi, dinikmati pelaku industri, turut mendukung kesenjangan konsumsi antara kelompok orang kaya dan kelompok masyarakat yang kemampuan ekonominya lemah.

Oleh karenanya, lanjutnya, Pemerintah akan menyalurkan subsidi BBM dalam bentuk insentif lainnya, berbentuk bantuan sosial dan kemudahan akses pendidikan dan kesehatan.

“Untuk itu, melalui forum diskusi ini kita semua harus menyatukan pemahaman dan pemikiran untuk mendukung kebijakan Pemerintah,” ungkap Sekda.

“Kita selaku stakeholders yang langsung berkaitan implementasi kebijakan Pemerintah harus mensosialisasikan sebaik-baiknya apabila Pemerintah menerbitkan kebijakan dengan kenaikan BBM,” sambungnya.

.
Lebih lanjut Sekda mengatakan, lebih penting dari itu, kita semua, baik elemen Pemerintah maupun non Pemerintah harus bersatu padu mengambil langkah-langkah nyata untuk mengatasi berbagai dampak negatif yang muncul akibat kelangkaan BBM ditengah-tengah masyarakat.

“Maka melalui FGD ini, tentunya juga dibahas langkah-langkah menjamin kelancaran distribusi dan pasokan BBM ke seluruh wilayah di Kabupaten OKU. Untuk itu, dalam FGD ini, akan kita dengarkan kesiapan dari pertamina dalam mengatur dan mengendalikan distribusi BBM, terutama pengawasan yang ketat dalam penjualan ataupun penyaluran di tingkat SPBU-SPBU,” ujarnya.

Di pihak lain, pengelola SPBU juga harus mampu menghormati aturan dalam hal keadilan dan keteraturan distribusi dan penyaluran hingga tingkat prestashop, pertamini, ataupun penyalur resmi lainnya.

Sekta menegaskan, melalui forum ini, diharapkan seluruh pihak terkait terutama pengelola SPBU, untuk secara rutin melaporkan segala indikasi dan gejala yang kemungkinan akan menyebabkan kekosongan BBM.

“Saya menghimbau agar pengelola SPBU dan pertamina depo Banuayu secara proaktif berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten OKU terutama Polres OKU dalam hal pengamanan pasokan dan pengaturan ketertiban penyaluran dan pengisian BBM di lokasi SPBU,” tegasnya.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, Achmad Tarmizi menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas koordinasi dan kerjasama antara pihak Polres OKU beserta jajaran dan Kodim 0403 OKU termasuk pihak pertamina depo Banuayu dan segenap pengelola SPBU dengan Pemerintah Daerah.

Hadir pada acara ini, Dandim 0403 OKU, Kapolres OKU, Asisten 1 Setda OKU, Kepala OPD dan Kabag Terkait, Dansubdenpom, Kepala KPPN Baturaja, Kepala Depo Pertamina Banuayu, Kepala SPBU, Ketua BEM se-Kabupaten OKU, Ketua HMI cabang OKU.

Pewarta : Rudi Hartono
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.